Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Technical SEO Dasar

Technical SEO menjadi hal yang paling penting untuk Anda ketahui ketika ingin mengoptimalkan website supaya bisa mencapai posisi tertinggi di mesin pencarian. Terdapat berbagai macam teknik yang Anda bisa lakukan untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Teknik dasar merupakan teknik yang paling penting sebelum memulai penggunaan SEO ke bagian expert. 




Teknik SEO Dasar
1. SEO Audit
Untuk mengetahui mengapa situs website Anda tidak mendapat traffic atau mungkin sales yang cukup Anda dapat menggunakan SEO audit. Sistem auditing ini dapat dilakukan dengan cara memeriksa hasil konsep, serta sistem ekonomi kedepannya yang wajib dilakukan untuk mengetahui nasib bisnis ke depan.
Di dalam dunia SEO, auditing dapat membantu Anda untuk menyusun strategi yang nantinya bisa menarik serta mempertahankan para konsumen.
 Hal-hal yang harus diperhatikan selama melakukan audit SEO:
Memastikan semua halaman website Anda mempunyai meta title dan descriptions
Memperhatikan semua halaman website sudah memiliki keywords yang sudah dioptimasi SEO. 
Mengoptimalkan struktur URL supaya mudah ditemukan oleh mesin pencarian.
Susunan website yang sudah rapi dan benar. 
2. Buat Sitemap
Sitemap merupakan sebuah daftar semua halaman website yang dapat diakses oleh para pengunjung di mesin pencari. Dengan adanya sitemap, situs website Anda akan jadi lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan tentu dapat lebih mudah terindeks Google. Sitemap juga dapat memberitahu mesin pencari apabila terjadi perubahan struktur pada website. 
Sitemap termasuk jadi bagian yang sangat penting untuk teknik SEO dasar. Terdapat 2 jenis sitemap, yang dapat digunakan yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap XML adalah sitemap yang dapat diakses oleh mesin pencari, sedangkan sitemap HTML adalah site yang bisa diakses oleh pengunjung. 
3. Pelajari Audience Websitenya
Strategi ini bisa dikatakan cukup sederhana, akan tetapi sering sekali dilupakan oleh para pemilik website. Kebanyakan dari pemilik website hanya berfokus pada apa yang diinginkan oleh para pengunjung saja. Selain fokus tersebut, Anda juga harus memahami betul apa yang sedang para calon pembeli cari. 
Jika Anda sudah memahami dengan baik keinginan para pengunjung atau calon pembeli maka Anda jadi lebih mudah untuk membuat konten serta mengembangkan isinya untuk website Anda. Untuk mendapatkan data yang relevan Anda dapat menggunakan:
Quora
Dengan Quora, Anda dapat melihat pertanyaan apa saja yang banyak ditanyakan oleh orang-orang. Jika Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda akan mendapatkan ide dari hal tersebut dan nantinya dapat dibuat menjadi suatu konten yang menarik.  
Quora juga dapat digunakan untuk melihat jawaban para ahli lainnya dan tentunya Anda juga bisa menggunakan jawaban tersebut sebagai dasar dari website Anda selanjutnya.
Selain itu terdapat juga situs lainnya untuk mencari data yang bisa Anda cari seperti di Ubersuggest dan lain sebagainya yang dapat menjadi acuan untuk mengembangkan isi konten website.
4. Riset Keyword
Tidak melakukan riset keyword atau kata kunci sebelum membuat konten merupakan sebuah kesalahan fatal bagi para pemilik blog atau website. Riset keyword dapat membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang paling relevan bagi pembaca. Terdapat 5 indikator riset keyword yang perlu diperhatikan, yaitu:
Volume pencarian
Volume pencarian adalah banyaknya pencarian dari sebuah keyword dalam kurun waktu tertentu. 
Tingkat kesulitan keyword 
Menunjukkan tingkat kesulitan sebuah keyword untuk berada di posisi atau halaman pertama hasil pencarian.
Saran kata kunci
Kumpulan keyword yang berkaitan dengan keyword yang sedang Anda riset. 
SERP atau Search Engine Result Page 
Halaman-halaman yang masuk 10 peringkat teratas di hasil pencarian keyword yang sedang Anda riset. 
Search intent 
Maksud dari search intent adalah alasan para pengguna internet melakukan pencarian tertentu. 
5. Meningkatkan kecepatan website
Salah satu hal yang paling tidak disukai oleh para pengunjung website adalah akses loading yang lambat. Loading website yang lama dapat membuat pengunjung website akan merasa jengkel dan kemungkinan besar akan meninggalkan website Anda dan mencari website lainnya yang aksesnya tidak lambat. 
5 dasar technical SEO ini dapat diterapkan untuk mengawali pembangunan website yang Anda miliki. Akan tetapi untuk mendapatkan teknik yang jauh lebih tinggi dengan hasil yang tentunya lebih maksimal, Anda dapat memilih jasa SEOMEDIA sebagai layanan yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan website dengan menggunakan teknik SEO expert.

Posting Komentar untuk "Technical SEO Dasar"